Daur Biogeokimia

Daur biogeokimia adalah suatu proses peredaran atau atau perputaran yang di dalamnya berlangsung penggunaan dan pelepasan unsur-unsur anorganik yang esensial bagi tubuh serta melibatkan peristiwa biologis, geologis, dan kimia. Daur ini meliputi interaksi antara tanah, atmosfer ( udara), air laut, dan air tawar, serta makhluk hidup.

Selain makhluk hidup yang menggunakan dan melepaskan unsur-unsur anorganik itu, ada makhluk hidup lain yang terlibat dalam proses daur ulang, yaitu mikroorganisme tertentu (jamur dan bakteri). Mikroorganisme tersebut berperan sebagai decomposer yang membusukan dan melepaskan unsur-unsur anorganik dari tubuh makhluk hidup atau organisme yang telah mati atau dari produk-produk buangannya. Daur biogeokimia dapat berlangsung karena adanya aliran energi dan jarring-jaring makanan dalam ekosistem.

  • Daur C (siklus Karbon)

Daur Karbon dimulai dengan fiksasi senyawa karbondioksida dari udara oleh tumbuhan hijau atau organisme autotrof lainnya. Melalu proses fotosintesis, senyawa karbohidrat diubah menjadi molekul-molekul karbohidrat. Senyawa karbohidrat juga dapat diubah menjadi berbagai senyawaorganik lainnya, termasuk lemak dan protein yang diperlukan untuk menyusun tubuh tumbuhan.

daur C

daur C

  • Daur Fosfor

Di alam, fosfor terdapat  dalam dua bentuk,  yaitu senyawa fosfat organik (pada tumbuhan dan hewan) dan senyawa fosfat anorganik (pada air dan tanah).   Fosfat  organik  dari  hewan  dan  tumbuhan  yang  mati  diuraikan  oleh dekomposer  (pengurai)  menjadi  fosfat  anorganik.  Fosfat  anorganik  yang terlarut di air tanah atau air laut akan terkikis dan mengendap di sedimen laut.  Oleh  karena  itu,  fosfat  banyak  terdapat  di  batu  karang  dan  fosil. Fosfat dari batu dan fosil terkikis dan membentuk fosfat anorganik terlarut di air tanah dan laut. Fosfat anorganik ini kemudian akan diserap oleh akar tumbuhan lagi. Siklus ini berulang terus menerus.

 

 

  • Daur N

Meskipun ketersediaan nitrogen diudara sangat melimpah, hewan dan tumbuhan tidak dapat mengambil langsung dari udara. Hal itu disebabkan nitrogen bebas di udara terdiri atas molekul nitrogen (N­2) yang stabil dan jumlah energy yang diperlukan untuk memecah ikatan dinitrogen tersebut relative besar. Nitrogen tersedia bagi tumbuhan hanya dalam bentuk ammonium (NH4­+) da nitrat (NO3).

Gas nitrogen banyak terdapat di atmosfer, yaitu 80% dari udara. Nitrogen bebas dapat ditambat/difiksasi terutama oleh tumbuhan yang berbintil akar (misalnya  jenis  polongan)  dan  beberapa  jenis  ganggang.  Nitrogen  bebas juga  dapat  bereaksi  dengan  hidrogen  atau  oksigen  dengan  bantuan  kilat/ petir. Tumbuhan emperoleh nitrogen dari dalam tanah berupa amonia (NH3), ion nitrit (N02- ), dan ion nitrat (N03- ).

Beberapa  bakteri  yang  dapat  menambat  nitrogen  terdapat  pada  akar Legum  dan  akar  tumbuhan  lain,  misalnya  Marsiella  crenata.  Selain  itu, terdapat   bakteri   dalam   tanah   yang   dapat   mengikat   nitrogen   secara langsung,  yakni  Azotobacter  sp.  yang  bersifat  aerob  dan  Clostridium  sp. yang bersifat anaerob. Nostoc sp. dan Anabaena sp. (ganggang biru) juga mampu menambat nitrogen. Nitrogen  yang diikat biasanya dalam bentuk amonia. Amonia diperoleh dari hasil penguraian jaringan  yang mati oleh bakteri.   Amonia   ini    akan   dinitrifikasi   oleh   bakteri   nitrit,    yaitu Nitrosomonas dan Nitrosococcus sehingga menghasilkan nitrat yang akan diserap  oleh  akar  tumbuhan.  Selanjutnya  oleh  bakteri  denitrifikan,  nitrat diubah  menjadi  amonia  kembali,  dan  amonia  diubah  menjadi  nitrogen yang dilepaskan ke udara. Dengan cara ini siklus nitrogen akan berulang dalam ekosistem.

daur Nitrogen  sumber : http://helmysuhendar.blogspot.com/

daur Nitrogen
sumber : http://helmysuhendar.blogspot.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s