suksesi

Suksesi adalah proses pertumbuhan komunitas di dalam suatu ekosistem hingga mencapai keadaan klimaks. Keadaan klimaks suatu ekosistem ditandai dengan adanya keadaan dimana seluruh anggota komunitas mencapai keseimbangan yang dinamis. Proses perubahan komunitaas yang terjadi sedikit demi sedikit dalam suatu jangka tertentu menuju suatu aahh hingga terbentuk komunitas yang berbeda dari komunitas semula itu dinamakan suksesi.

Suksesi terjadi akibat darui adanya interaksi antara lingkungan dan kemauan aaptasi anggota komunitas serta kompetensi antar komunitas dalam ekosistem. Dalam proses suksesi, perubahan yang terjadi tidaklah berlangsung secara terus menerus, tetapi akan berakhir setelah mencapai batas tertentu. Proses suksesi akan berakhir setelah mencapai batas tertentu.

  1. Suksesi Primer

Suksesi primer terjadi manakala pada suatu kawasan tertentu yang semula tidak memiliki komponen biotik, kemudian hadir komponen biotik yang akhirnya hidup dalam kawasan tersebut. Suksesi primer juga didefinisikan terjadi apabila ada gangguan pada komunitas atau ekosistem asal yang mengakibatkan hilang atau musnahnya komunitas asal secara total. Sehingga di tempat komunitas asal tersebut terbentuk habitat atau subtrat baru dengan komunitas yang baru.

  1. Suksesi Sekunder

Suksesi sekunder, gangguan pada komunitas atau ekosistem baik secara alami maupun buatan, tidak memusnahkan ekosistem asal secara total. Oleh karena itu, pada komunitas atau ekosistem asal subtract lama dan kehidupan masih ada.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s