Diskusi 2

PERAN MANUSIA DALAM EKOSISTEM DAN ALIRAN ENERGI

(Oleh : Leni Marleni)

setiap ekosistem kita memahami kajian mengenai komponen abiotik dan ekosistem. Komponen abiotik meliputi komponen selain organisme, sementara komponen biotik adalah organisme yang membentuk komunitas dalam ekosistem tersebut. komponen biotik yang sering kita pelajari adalah hewan-hewan yang merupakan bagian dari komunitas ekosistem tersebut. Sedangkan, manusia jarang sekali disebutkan perannya dalam ekosistem. Padahal jelas sekali peran manusia sangat berpengaruh didalam ekosistem. Peran manusia juga terlibat dalam hubungan yang ada dalam ekosistem seperti hubungan makan dan dimakan. begitu juga setiap peristiwa yang terdapat dalam ekosistem, seperti aliran energi dan siklus biogeokimia. Sebenarnya bagaimanakah pengaruh manusia dalam ekosistem?

Menurut Campbell, 2006 : aktifitas manusia seringkali menggangu siklus nutrisi dengan cara mengeluarkan nutrisi dari satu bagian biosfer dan menambahkannya ke bagian biosfer lainnya. Keadaan ini bisa mengakibatkan kehabisan nutrisi pokok dalam satu daerah, kelebhihan didaerah lain, dan gangguan alamiah siklus kimia pada kedua lokasi tersebut. sebagai contoh, nutrisi dalam lahan tanah pertanian akan segera muncul dalam buangan manusia dan ternak , dan kemudian muncul dalam anak sungai dan danau melalui aliran permukaan dari ladang dan dibuang sebagai buangan cair. Seseorang memakan brokoli di Washington D.C. sedang mengkonsumsi nutrisi yang mungkin hanya beberapa hari sebelumnya berada di California; dan beberapa saat kemudian, beberapa nutrisi ini akan berada di sungai Potomac dalam perjalanannya menuju ke laut, setelah melewati system pencernaan seseorang dan fasilitas pembuangan limbah cair.

Makanan yang kita makan tadi pagi mungkin berasal dari ekosistem dikawasan lain. Misalakan. Nasi yang kita makan dari ekosistem sawah di jawa tengah. Sementara, kita berada dikawasan jawa barat. Lalu, sisa pembuangannya akan berakhir di selat sunda. Zat sisa tersebut masih mengandung nutrisi tentunya. Jika dikaitkan dengan konsep siklus biogeokimia dalam suatu ekosistem apakah peran manusia menguntungkan atau merugikan. Melihat, bahwa perpindahan atau mobilitas nutrisi ini semakin berpindah jauh karena manusia.

makan

 Seperti gambar dibawah ini, yang menunjukan aktifitas manusia dalam kesehariannya tanpa disadari memindahkan energi kimia hasil dari perkebunan ke pasar. Yang kemudian nantinya, akan menuju suatu tempat yang jauh dari sumber nutrisi itu berasal. Lalu, apakah peran manusia dalam ekosistem dapat dapat berdampak buruk terhadap siklus unsur kimia yang terjadi dalam suatu ekosistem?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s